MEMBUAT ALAT SEISMOGRAF SEDERHANA DARI BOTOL BEKAS

botol
seringnya terjadi gempa yang melanda bumi indonesia, membuat cimon was-was waspada. dari gempa dasyhat tsunami aceh, tsunami pangandaran, gempa jogja dan gempa tasikmalaya. hal ini membuktikan bahwa indonesia rawan gempa.

Mengapa sering gempa?

karena indonesia merupakan kawasan endemik gempa yang berada tempat bertemunya lempeng eurasia, asia, australia dan pasifik.

pada saat santai sambil nonton metro Tv gak sengaja ada ulasan berita tentang cara membuat seismograf sederhana dari botol bekas. (menarik tuh). caranya gampang banget, segampang menggeleng-gelengkan kepala.

(lebih…)

Iklan

8 Oktober 2009 at 1:37 PM 16 komentar

KETUPAT SAYUR GONDES Vs LONTONG OPOR AYAM

ketupat
sudah jadi kebiasaan buat kaum muslimin untuk merayakan hari kemenangan. tradisi buat ngrayain lebaran udah jadi budaya bangsa Indonesia. tradisi mudik, tradisi sungkem ke orang tua (sodara, tetangga), tradisi salam tempel (angpaw) tradisi bikin kue, tradisi merconan, tradisi baju baru (baju lama boleh kok) dan tradisi ketupat sayur atau lontong opor ayam.

pada hari H lebaran 1430 H (2009 M), semua keluarga besar (dari bapak) pada ngumpul dirumah cimon buat ngrayain lebaran. kenapa musti dirumah cimon?? karena lokasinya paling deket dari RIP_nya simbah kakung lan putri.

menu spesial dan khusus lebaran yang dibuat adalah kupat, lontong, sayur gondes ama opor ayam. berhubung cimon masih nganggur ni, kali ini cimon yang jadi kokinya dan dibantu emak cimon sebagai asistennya.

(lebih…)

8 Oktober 2009 at 1:24 PM 3 komentar

MEMBURU BERKAH DI MALAM LAILATUL QADAR

sunshinemalam lailatul qadar disebut juga malam seribu bulan, malam yang penuh berkah, malam kemuliaan, malam yang paling ditunggu-tunggu para pencari berkah Allah di seluruh dunia.

pada malam ini diyakini oleh para muslim didunia banyak para malaikat yang turun ke bumi. Adapun keutamaan lailatul qadar adalah: malam yang penuh keberkahan (bertambahnya kebaikan). Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan: 3-4).

(lebih…)

19 September 2009 at 7:01 AM 2 komentar

TIPS AMAN & NYAMAN MUDIK LEBARAN ALA CIMON

Mudik adalah istilah bagi orang indonesia (kaum muslim) untuk pulang kampung menuju homeland. mudik sebagian besar dilakukan bagi orang-orang urban yang sedang bekerja kota-kota besar dan juga dari kalangan anak yang sedang sekolah/kuliah.

Melihat traffic arus mudik lebaran tahun 2009 sepertinya mudik kali ini akan didominasi kendaraan roda dua. sejak H-4 jalan raya di sekitar cimon masih terlihat normal, belum ada lonjakan yang signifikan.

Sepintas jalan selatan jurusan surabaya-jogja masih lancar meskipun sudah agak ramai. banyak terlihat para pemudik menggunakan sepeda motor sebagai jalur alternatif untuk pulang kampung. sedangkan angkutan bus antar provinsi jurusan surabaya -jogja masih terlihat normal, belum ada pelonjakan penumpang (belum ada penumpang yang berdiri). diperkirakan arus puncak mudiklebaran pada H-1 dan Hari H.

Para pemudik sebagian besar banyak yang menggunakan sepeda motor pribadi dalam menempuh perjalanan. hal ini dikarenakan lebih efisien dan murah. sebelum anda mudik alangkah sebaiknya anda mempunyai konsep dalam perjalanan panjang menuju homeland. berikut tips sederhana cari cimon :

Tips sebelum berangkat :

1. Cek kendaraan anda seperti kondisi mesin, oli, rem, (angin) ban, lampu (lampu kota/jarak jauh, sein, stopan), klalson, spion. kalau perlu servise dahulu sebelum melakukan perjalanan panjang dan lammaaaaa.

2. Persiapkan kondisi jasmani dan rohani anda dalam keadaan fit/sehat. sebelum berangkat makanlah secukupnya, banyak minum air putih dan cukup vitamin.

3. Bawa barang bawaan anda seperlunya. hal ini agar tidak merepotkan anda sendiri karena beban barang yang terlampau berat.

4. Buatlah daftar barang bawaan anda agar tidak ada barang yang terlewatkan.

5. Bawalah peta arus mudik yang up to date. hal ini untuk mengetahui posko-posko lebaran. peta mudik dapat anda dapatkan di pos-pos mudik, bengkel resmi atau gerai-gerai operator telephone seluler (telkomsel, indosat, XL dll). atau anda bisa mendownload peta mudik Jawa Bali 2009 di petamudik.jawapos.co.id

6. Jangan memakai perhiasan yang berlebihan dan mencolok. hal ini akan mengundang perhatian orang. ingat kata bang napi kejahatan itu “ada” karena ada “kesempatan”.

7. Bawalah uang seperlunya saja (sisanya di ATM). siapkan uang yang pas dalam perjalanan.


Tips berada di lokasi terminal, halte, stasiun, pelabuhan atau bandara :

(lebih…)

19 September 2009 at 4:14 AM 5 komentar

BUKA BERSAMA BEBEK GORENG TEPUS MAK NYUS

cimon bebek
Pada H-4 cimon ngadain buber (buka bersama) ma anak-anak zaman sekolah dulu. napak tilas plus temu kangen, sejak lulus akademis dah jarang ketemu lagi. terakhir ketemu ma anak-anak pas ada berita duka ibundanya pakyek.

pada saat ketika itu temen cimon si jontor lagi FBan dan gak sengaja kesadap ebuddy cimon. langsung dah cimon samperin “gok lg opo we” langsung si jontor balik bales “heh gok ayo kapan buber bareng” si jontor ngChat cimon pengen ngajak buber. ok dah langsung aja siJontor suruh cimon ngWall temen-temen via FB. tapi cara FB gak begitu efektif, terpaksa cimon pakai cara lama aja yaitu SMS.

setelah sepakat ngajak buber ternyata yang ikut cuma 5 ekor (sayang banget) dan menu yang kita pilih yang simple-simple aja deh. bebek goreng langganan di tepus yang rasanya mak nyus.

(lebih…)

19 September 2009 at 3:21 AM 2 komentar

MENGENAL WISATA BUDAYA PENINGGALAN MAJAPAHIT

candi tikus

candi tikus

waktu cimon sekolah ni, cimon paling doyan pelajaran sejarah. apalagi sejarah kerajaan-kerajaan gitu deh. banyak cerita yang unik dari zaman ke zaman, baik itu mitos, legenda sampai cerita real_nya (bener bener ada / tokoh sejarah).

kerajaan yang cimon kenalkan adalah MAJAPAHIT, udah pada ngarti dong sejarahnya MAJAPAHIT. dari raja paling terkenal HAYAM WURUK ampe patih GAJAH MADA. kejayaan MAJAPAHIT tuh wilayah kekuasaannya adalah wilayah nusantara sendiri loh, ditambah mpe indocina (malaka, kamboja dst) seluruh pulau kalimantan dan filipina selatan (wajar malingsia ngeklaim budaya kita, masuk provinsi kita sih pada era MAJAPAHIT )..

letak kerajaan MAJAPAHIT sampai sekarang masih belum ditemukan tapi diperkirakan berada di sekitar Trowulan – Mojokerto, karna disana banyak banget ditemukan peninggalan-peniggalan berupa candi, archa, sumur tua, punden berundak dll. (lebih…)

7 September 2009 at 1:49 PM 8 komentar

MAHALNYA UBI MADU CILEMBU…. AMPE RP 10.000/KG..!!??

ubi cilembu

ini dia makanan pokok pengganti beras yaitu ubi. ubi berasal dari bahasa latin (lupa ><) …. dan biasanya identik dengan makanan wong ndeso (panganan wong katrok)..

melihat ubi emang biasa aja dimata cimon, seperti kebanyakan ubi-ubi lain yang rasanya ya gitu-gitu aja. tapi cimon punya cerita seru nih tentang ubi yang satu ini. UBI MADU CILEMBU namanya..

pas cimon lagi jalan ke jombang, gak sengaja cimon melihat ada warung kecil di Brak'an – Jombang (daerah oleh-oleh perbatasan kertosono, kediri dan jombang). saat itu cimon melihat ada tulisan UBI BAKAR MADU CILEMBU. nah yang jadi penasaran MADUnya itu. apa ubinya dibakar pake madu, ato madu rasa ubi ato ubi rasa madu yaa..??? (lebih…)

3 September 2009 at 2:39 PM 9 komentar

Pos-pos Lebih Lama Pos-pos Lebih Baru


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 167,294 hits

logo link

traffic counter