Posts filed under ‘Wisata kuliner’

KETUPAT SAYUR GONDES Vs LONTONG OPOR AYAM

ketupat
sudah jadi kebiasaan buat kaum muslimin untuk merayakan hari kemenangan. tradisi buat ngrayain lebaran udah jadi budaya bangsa Indonesia. tradisi mudik, tradisi sungkem ke orang tua (sodara, tetangga), tradisi salam tempel (angpaw) tradisi bikin kue, tradisi merconan, tradisi baju baru (baju lama boleh kok) dan tradisi ketupat sayur atau lontong opor ayam.

pada hari H lebaran 1430 H (2009 M), semua keluarga besar (dari bapak) pada ngumpul dirumah cimon buat ngrayain lebaran. kenapa musti dirumah cimon?? karena lokasinya paling deket dari RIP_nya simbah kakung lan putri.

menu spesial dan khusus lebaran yang dibuat adalah kupat, lontong, sayur gondes ama opor ayam. berhubung cimon masih nganggur ni, kali ini cimon yang jadi kokinya dan dibantu emak cimon sebagai asistennya.

(lebih…)

Iklan

8 Oktober 2009 at 1:24 PM 3 komentar

MAHALNYA UBI MADU CILEMBU…. AMPE RP 10.000/KG..!!??

ubi cilembu

ini dia makanan pokok pengganti beras yaitu ubi. ubi berasal dari bahasa latin (lupa ><) …. dan biasanya identik dengan makanan wong ndeso (panganan wong katrok)..

melihat ubi emang biasa aja dimata cimon, seperti kebanyakan ubi-ubi lain yang rasanya ya gitu-gitu aja. tapi cimon punya cerita seru nih tentang ubi yang satu ini. UBI MADU CILEMBU namanya..

pas cimon lagi jalan ke jombang, gak sengaja cimon melihat ada warung kecil di Brak'an – Jombang (daerah oleh-oleh perbatasan kertosono, kediri dan jombang). saat itu cimon melihat ada tulisan UBI BAKAR MADU CILEMBU. nah yang jadi penasaran MADUnya itu. apa ubinya dibakar pake madu, ato madu rasa ubi ato ubi rasa madu yaa..??? (lebih…)

3 September 2009 at 2:39 PM 9 komentar

MANIS LEGITNYA DUMBLEG NGANJUK

Dumbleg adalah jajanan tradisional khas nganjuk jawa timur, tepatnya didaerah kec. Gondang dan sekitarnya. Makanan yang unik ini emang mirip pudak (makanan khas Gresik) tapi yang bikin beda adalah rasa dan tampilannya. Rasa dumbleg ini manis legiit dan bentuknya panjang kayak lontong. Jajanan ini yang terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe.

Saking tradisionalnya Jajanan ini biasa ditemui dikota kecil diPasar Pon Gondang, bahkan di kota nganjuk pun susah di jumpai makanan ini. Bahkan banyak juga yang cimon ketahui orang-orang nganjuk tidak begitu banyak mengenal makanan lezzat ini. (hhmmm). Hal ini karena kurang populer dan promosi jajanan khas nganjuk yang unk ini. Bahkan dumbleg kalah populer dengan Tahu Taqwa dari Kediri, Brem dari Madiun dan Ledre dari Bojonegoro. Hanya Nganjuk dan Jombang (Gupal) yang kurang promosiin jajanan khasnya yang unik ini.

Dalam rangka hari jadi Kota Nganjuk yang ke 1072 yang mencanangkan bulan april dan mei 2009 sebagai bulan promosi potensi Nganjuk. So seharusnya ini bisa dijadiin icon kuliner khas Nganjuk loh, jadi gak kalah ma Kediri, Madiun dan Bojonegoro yang merupakan tetangga Nganjuk yang udah populer dengan jajanan khasnya.So Say I Love Dumbleg.

dsc02189

6 Mei 2009 at 3:01 PM 22 komentar

ES DEGDURKAT DALAM MANGKUK BAKSO

dsc02120

Bulan april 2009 sebenarnya masih masuk musim penghujan, tapi gak tau kenapa pas lagi maen ke jombang cuacanya Pannaass bangeetsss, tenggorokan kering, bibir pecah-pecah tapi gak pake sariawan.

Pada saat maen ke jombang disana banyak ditemuin penjual es degan alpukat yang mangkal dipinggir jalan, tepatnya di depan Universitas Darul Ulum Jombang (gak tau di jalan apa) saking banyaknya cimon mpe bingung mau pilih yang mana. Tapi itu dulu, sekarang cimon udah punya langganan es degan alpukat yang sip dan hebat, tempatnya juga lumayan asik adem-adem gimana getoo..

Dalam perjalanan pulang cimon kepanasan+kehusan, seperti biasa cimon langsung aja jujuk ke tenda merah, tempat penjual es degan. Untuk kali ini cimon kompak ma babe. Kita pesen 2 gelas Es Dedurkat, yang artinya Es degan Duren campur Alpukado.

(lebih…)

18 April 2009 at 6:41 AM Tinggalkan komentar

SATE Ringin Contong Bondan Winarno

Salah satu acara kegemaranku di TV ialah makan-makan dan jalan-jalan bareng Pak Bondan yaitu Wisata Kuliner. acara yang hampir setiap hari muncul di Trans Tv. yang hebatnya dimana setiap ada makanan yang hinggap selalu bisa didefinisikan oleh Pak Bondan, seolah-olah udah melekat dalam ingatan Pak Bondan dari makanan sabang sampai merauke.

pada waktu itu pak bondan singgah di kota Jombang Jawa Timur dan mengubek-ubek makanan yang endang bambang gulindang dan top markotop di daerah jombang, salah satunya yang menarik ialah Sate Ringin Contong. dimana dalam benakku langsung muncul tanda tanya besar??? Ringin contong apa ya..? ternyata punya selidik bahwa Sate Ringin Contong ialah sate kambing biasa, hanya ringin contong itu ialah nama sebua Bunderan jalan di jantung kota jombang yang ditengahnya terdapat pohon beringin besar. karena lokasi sate tersebut dekat bunderan ringin contong makanya dikasih nama SATE RINGIN CONTONG.

(lebih…)

13 Januari 2009 at 5:21 AM 8 komentar


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 164,990 hits

logo link

traffic counter