MEMBUAT ALAT SEISMOGRAF SEDERHANA DARI BOTOL BEKAS

8 Oktober 2009 at 1:37 PM 16 komentar

botol
seringnya terjadi gempa yang melanda bumi indonesia, membuat cimon was-was waspada. dari gempa dasyhat tsunami aceh, tsunami pangandaran, gempa jogja dan gempa tasikmalaya. hal ini membuktikan bahwa indonesia rawan gempa.

Mengapa sering gempa?

karena indonesia merupakan kawasan endemik gempa yang berada tempat bertemunya lempeng eurasia, asia, australia dan pasifik.

pada saat santai sambil nonton metro Tv gak sengaja ada ulasan berita tentang cara membuat seismograf sederhana dari botol bekas. (menarik tuh). caranya gampang banget, segampang menggeleng-gelengkan kepala.

ok!! pertama kita siapkan bahan-bahannya yaitu dua buah botol dari beling. setelah itu letakkan kedua ujung botol (mulut botol) saling berhadapan dengan posisi vertikal kemudian bawa botol tersebut kelantai. yup seismografnya dah jadi.

Cara tes seismograf?

caranya ialah beri hentakan pada lantai dengan kaki. lok mau lebih seru lagi pake nyanyian “aku seorang kapiten, mempunyai pedang panjang kalau berjalan brooog brookgg broogg”.(hheee)

kalau belum berhasil dalam hentakan tersebut, lakukanlah cara ke-2.
beri alas triplek atau kardus pada lantai kemudian gebrrak dengan kencang dan bila berhasil terjatuh berarti alat (made in dewe) anda telah berfungsi dengan baik. emang si kedengarannya agak konyol tapi efektif. ingat gebrakan kaki anda tidak sebanding dengan gebrakan alam yang yang levelnya setinggi 6.5 skala ricter.

NB : gempa tsunami terjadi apabila pusat gempa berada di dasar laut dan besarnya lebih dari 6.5 skala ricter dengan kedalaman 60 km

Entry filed under: Public Corner, Selayang Pandang. Tags: , , .

KETUPAT SAYUR GONDES Vs LONTONG OPOR AYAM NO REKENING PEDULI BENCANA ALAM INDONESIA

16 Komentar Add your own

  • 1. blekkok  |  25 Oktober 2009 pukul 7:59 AM

    jajal mug ngetezzzzzzzz

  • 2. Wahyu Cimon.Ce  |  30 Oktober 2009 pukul 12:04 PM

    dua-duanya juga boleh..
    ngetes ato dicoba
    oke-oke aja

  • 3. Hilmi  |  2 November 2009 pukul 10:26 PM

    Kalau ber hasil jatuh pecah donk botol kacanya kan nanti pecah……
    hehehe
    repot donk…..

  • 4. Wahyu Cimon.Ce  |  4 November 2009 pukul 4:55 AM

    @ hilmi : pan bunyi pyarnya dijadikan alarm

  • 5. Damas Alhasy  |  7 November 2009 pukul 11:39 AM

    bkn alat ya ? tak kira alat .. trnyata percobaan ..

  • 6. Wahyu Cimon.Ce  |  9 November 2009 pukul 4:55 AM

    itu jua alat,

  • 7. rischa  |  19 April 2010 pukul 5:48 AM

    thank bngennnttttzzzzzzz

  • 8. Wahyu Cimon.Ce  |  15 Mei 2010 pukul 9:06 AM

    @rischa : sama-sama

  • 9. rini bombom  |  12 Oktober 2010 pukul 10:49 PM

    kalau 6.5 SR, kaga perlu alat. mending lari.

  • 10. Wahyu Cimon.Ce  |  26 Oktober 2010 pukul 2:26 PM

    @ rini bombom : terus naik pohonn..

  • 11. Dunia aMe  |  7 November 2010 pukul 7:32 PM

    Gan, ada contoh gambarnya gag ??? di upload atuh ??? biar gampang bikinnya, nice inpo gan…keep posting…

  • 12. Adit  |  14 Maret 2011 pukul 12:49 PM

    gk sempat lgi buat2 gituan ..,
    lngsung lri ja ..,

  • 13. Wahyu Cimon.Ce  |  15 Maret 2011 pukul 3:29 PM

    @Adit : setuju..

  • 14. Nurhamsari  |  16 Mei 2011 pukul 7:26 AM

    mana caranya ??
    apa saya yg salah cari ?

  • 15. Wahyu Cimon.Ce  |  19 Mei 2011 pukul 1:07 PM

    @Nurhamsari : gak paham yaaa.. mudah kokk

  • 16. ergreg  |  15 Juli 2011 pukul 1:39 AM

    isi air aja habis itu ditaro ditempat tenang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 154,244 hits

logo link

traffic counter


%d blogger menyukai ini: