TIPS AMAN & NYAMAN MUDIK LEBARAN ALA CIMON

19 September 2009 at 4:14 AM 5 komentar

Mudik adalah istilah bagi orang indonesia (kaum muslim) untuk pulang kampung menuju homeland. mudik sebagian besar dilakukan bagi orang-orang urban yang sedang bekerja kota-kota besar dan juga dari kalangan anak yang sedang sekolah/kuliah.

Melihat traffic arus mudik lebaran tahun 2009 sepertinya mudik kali ini akan didominasi kendaraan roda dua. sejak H-4 jalan raya di sekitar cimon masih terlihat normal, belum ada lonjakan yang signifikan.

Sepintas jalan selatan jurusan surabaya-jogja masih lancar meskipun sudah agak ramai. banyak terlihat para pemudik menggunakan sepeda motor sebagai jalur alternatif untuk pulang kampung. sedangkan angkutan bus antar provinsi jurusan surabaya -jogja masih terlihat normal, belum ada pelonjakan penumpang (belum ada penumpang yang berdiri). diperkirakan arus puncak mudiklebaran pada H-1 dan Hari H.

Para pemudik sebagian besar banyak yang menggunakan sepeda motor pribadi dalam menempuh perjalanan. hal ini dikarenakan lebih efisien dan murah. sebelum anda mudik alangkah sebaiknya anda mempunyai konsep dalam perjalanan panjang menuju homeland. berikut tips sederhana cari cimon :

Tips sebelum berangkat :

1. Cek kendaraan anda seperti kondisi mesin, oli, rem, (angin) ban, lampu (lampu kota/jarak jauh, sein, stopan), klalson, spion. kalau perlu servise dahulu sebelum melakukan perjalanan panjang dan lammaaaaa.

2. Persiapkan kondisi jasmani dan rohani anda dalam keadaan fit/sehat. sebelum berangkat makanlah secukupnya, banyak minum air putih dan cukup vitamin.

3. Bawa barang bawaan anda seperlunya. hal ini agar tidak merepotkan anda sendiri karena beban barang yang terlampau berat.

4. Buatlah daftar barang bawaan anda agar tidak ada barang yang terlewatkan.

5. Bawalah peta arus mudik yang up to date. hal ini untuk mengetahui posko-posko lebaran. peta mudik dapat anda dapatkan di pos-pos mudik, bengkel resmi atau gerai-gerai operator telephone seluler (telkomsel, indosat, XL dll). atau anda bisa mendownload peta mudik Jawa Bali 2009 di petamudik.jawapos.co.id

6. Jangan memakai perhiasan yang berlebihan dan mencolok. hal ini akan mengundang perhatian orang. ingat kata bang napi kejahatan itu “ada” karena ada “kesempatan”.

7. Bawalah uang seperlunya saja (sisanya di ATM). siapkan uang yang pas dalam perjalanan.


Tips berada di lokasi terminal, halte, stasiun, pelabuhan atau bandara :

1. Bersikaplah santai, jangan terlalu tegang/bingung saat di lokasi. hal ini akan menjadi sasaran para pelaku kejahatan untuk memperdaya korban.

2. Ajaklah bergabung teman dekat anda untuk berangkat mudik bersama (setidaknya arah tujuan yang sama). hal ini untuk dijadikan teman ngobrol dan saling menjaga satu sama lain.

3. Bertanyalah pada orang yang jelas (pusat informasi, polisi, satpam) apabila anda ingin mencari informasi.

4. Jangan membeli tiket pada calo. usahakan tiket anda sesuai dengan ID anda agar mendapatkan jasa asuransi jiwa apabila terjadi hal-hal yang tidak inginkan.

5. Jangan menerima tawaran (tolak secara halus) pada orang yang memberikan makanan dan minuman yang tidak anda kenal. tips : bawalah sebotol air minum/makanan kecil untuk mengelak tawaran tersebut, katakan bahwa anda sudah punya air/makanan sendiri.

6. Jangan terlalu akrab dengan orang asing yang baru anda kenal. SELALU WASPADA. ingat musim mudik banyak orang yang mencari kelengahan anda (mencari kesempatan dalam kesempitan penumpang).

7. Jangan meletakkan semua uang di dompet, bawalah uang seperlunya saja (selebihnya di ATM). sisihkan uang pas di masing-masing saku, saat anda ingin membeli tiket, jajan atau minuman agar tidak mengundang perhatian banyak orang.

Tips bagi pemudik yang sedang berkendara sendiri (sepeda motor, mobil) :

1. Usahakan sebelum berangkat lakukan olah raga (pemanasan) dahulu, agar otot-otot anda longgar dan tidak kaku saat berkendara.

2. Lakukanlah perjalanan yang menurut anda nyaman (pagi shubuh atau malam hari).

3. Gunakanlah sarung tangan, masker, jaket, helm standart dan pelindung angin/dada (agar tidak masuk angin dan kena paru-paru basah). bila tidak punya pelindung angin gunakanlah kardus/koran yang diselipkan ke dalam jaket.

4. Ikutilah rombongan mudik bersama, yang biasa dilakukan oleh kerjasama antara Honda dan aparat kepolisian dan DLLAJ. pengumuman biasanya ada pada koran jawa pos. tentunya dikenakan biaya administrasi tetapi lebih aman karena akan dikawal oleh kepolisian.

5. Gunakan jalur-jalut alternatif untuk menghindari kemacetan dijalur utama atau pasar tumpah. gunakanlah peta yang anda dapatkan dari posko mudik lebaran.

6. Istirahat sebentar di posko-posko atau warung makanan/minuman yang menjamur dipinggir jalan. jangan memaksakan perjalanan jauh.

7. Jangan mengebut, nikmati perjalanan mudik anda dengan santai bersama keluarga atau teman-teman. anggap saja wisata alam.

8. Patuhilah semua instruksi dan rambu-rambu lalu lintas yang ada. INGAT peraturan dibuat untuk kelancaran anda.

9. Nyalakan lampu kota pada sepeda motor anda di siang hari. hal ini akan membantu lawan pengendara lain untuk mengetahui anda.

10. Beritahu (telephone, sms) anggota keluarga dikampung bahwa anda hari ini akan mudik. hal ini dipercaya pasti keluarga anda akan membuatkan ketupat/lontong sayur dan opor ayam yang lezat buat anda.

11. Dan yang paling penting adalah berdoalah sebelum berangkat, agar selamat sampai tujuan.

Marhaban yaa Ramadhan.
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Entry filed under: Ramadhan. Tags: .

BUKA BERSAMA BEBEK GORENG TEPUS MAK NYUS MEMBURU BERKAH DI MALAM LAILATUL QADAR

5 Komentar Add your own

  • 1. sabarmuanas  |  19 September 2009 pukul 7:39 AM

    ah mudik….he..he…oh dah aq link back tuh bos…

  • 2. fitri  |  19 September 2009 pukul 12:14 PM

    assèèèk. . . .gw bsok mudik kkampungny bung karno. .

  • 3. joni  |  30 September 2009 pukul 1:04 PM

    boleh juga nih tipsnya
    membantu banget

  • 4. rere  |  11 September 2010 pukul 11:40 PM

    Udah terlambat mudiknya..

  • 5. Wahyu Cimon.Ce  |  24 September 2010 pukul 4:01 PM

    tak ada kata terlambat re…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 154,244 hits

logo link

traffic counter


%d blogger menyukai ini: