MENGENAL WISATA BUDAYA PENINGGALAN MAJAPAHIT

7 September 2009 at 1:49 PM 8 komentar

candi tikus

candi tikus

waktu cimon sekolah ni, cimon paling doyan pelajaran sejarah. apalagi sejarah kerajaan-kerajaan gitu deh. banyak cerita yang unik dari zaman ke zaman, baik itu mitos, legenda sampai cerita real_nya (bener bener ada / tokoh sejarah).

kerajaan yang cimon kenalkan adalah MAJAPAHIT, udah pada ngarti dong sejarahnya MAJAPAHIT. dari raja paling terkenal HAYAM WURUK ampe patih GAJAH MADA. kejayaan MAJAPAHIT tuh wilayah kekuasaannya adalah wilayah nusantara sendiri loh, ditambah mpe indocina (malaka, kamboja dst) seluruh pulau kalimantan dan filipina selatan (wajar malingsia ngeklaim budaya kita, masuk provinsi kita sih pada era MAJAPAHIT )..

letak kerajaan MAJAPAHIT sampai sekarang masih belum ditemukan tapi diperkirakan berada di sekitar Trowulan – Mojokerto, karna disana banyak banget ditemukan peninggalan-peniggalan berupa candi, archa, sumur tua, punden berundak dll.

singkat cerita cimon mo ngenalin candi wringin lawang. candi ini paling deket ma jalur raya selatan (surabaya-jogja) sekitar 200 m masuk ke gang (buntu) kecil. wringin lawang berbentuk gapura yang terbuat dari bata merah (lebar batanya 2 kali lipat dari bata sekarang). gapura ini besar sekali, berukuran 13 x 11.50 m dan tinggi 15.50 m. diperkirakan ini merupakan gerbang masuk dalam tera kota kerajaan MAJAPAHIT.

wringin_lawang_trowulan

wringin_lawang_trowulan


cara menemukan candi wringin lawang ini gampang banget kok, dari arah surabaya patokannya seletah melewati terminal kertajaya mojokerto disitu mulai pasang mata (udah deket), segera cari RM. PADANG “RESTU BUNDO” di utara jalan. resto ini gede banget ada papan nama ukuran 5×5 m. nah setelah menemukan RM. PADANG segeralah beralih ke selatan jalan (tengok ke kiri). dibalik rumah penduduk dan pepohonan akan terlihat tugu gapura dari bata merah yang besar menjulang tinggi, dan itulah candi wringin lawang. dari jalan itu carilah papan nama cagar gapura wringin lawang terus belok kiri, 200 m nyampe deh.

usul ni buat pemerintah, buat pas mudik lebaran gini enaknya lokasi gang buntu menuju candi wringi lawang di jadikan tempat transit (posko) para pemudik. karna tempatnya deket ma jalan raya dan bisa dijadikan pengenalan budaya pada masyarakat luas.

setelah candi wringin lawang masih ada banyak candi-candi yang lain. kali ini CANDI BAJANG RATU. letaknya sekitar 5km ke selatan candi wringin lawang, patokannya sampai menemukan perempatan yang ada lampu abang kuning ijo (traffic light). setelah menemukan perempatan yang dimaksud belok ke kiri (selatan), nah dari situ lokasinya sekitar 2 km (deket pan). dari arah perempatan ikutilah petunjuk rambu-rambu, nanti akan mengantarkan candi yang kita maksud.

sebenarnya dari arah perempatan tadi masuk ke desa troloyo banyak banget peninggalan sejarah diantaranya ialah kolam segaran, makam dari putri champa (vietnam) kubur panjang, candi menak jinggo, candi bajang ratu, candi tikus, ada komplek museum juga, pendopo agung, candi kedaton. untuk kali ini cimon cuma ngebahas candi yang pernah cimon kunjungi.

ok kembali ke akar masalah. setelah melewati kolam segaran cari pertigaan yang ada papan petunjuk kekiri (timur) menuju candi bajang ratu dan candi tikus. dari pertigaan tersebut sekitar 1 km akan nyampe lokasi candi bajang ratu. patokan candi ini agak susah buat orang awam, pokoknya dari arah pertigaan waspada melihat kiri jalan dan cari papan nama candi bajang ratu.

bajang ratu

bajang ratu


candi bajang ratu bangunannya seperti candi wringin lawang bedanya candi bajang ratu punya atap kerucut dan penuh ukiran yang keren pula. candi ini juga terbuat dari bata merah yang tingginya 16 m. sejarah candi bajang ratu cimon agak lupa ni. ada kok papan tulisan di pos pintu masuk. lok gak salah ni candi dibuat buat memperingati raja (raja apa lupa cimon) yang pada usia muda udah dapet gelar raja gitu.
candi bajang ratu

candi bajang ratu


setelah candi bajang ratu, selanjutnya ke candi tikus. candi ini kelanjutan arah dari candi bajang ratu terus aja ikutin jalan ke timur tar juga ketemu sendiri ke candi tikus.

candi tikus

candi tikus

candi tikus ini unik, lokasinya berada di bawah permukaan tanah sekitar. lok dilihat dari samping kayak patung singa spinx di mesir (hhii). candi tikus ini berupa pemandian bagi putri raja. asal muasal candi ini ditemukan pada saat masyarakat petani mau mengusir tikus sawah, banyak tikus yang sembunyi kedalam tanah. dan setelah digali ditemukanlah candi tersebut sehingga dinamakan candi tikus.

candi tikus

candi tikus

candi tikus

candi tikus


mitos dari masyarakat setempat jika kita mengambil air pemandian dan tanah dipercaya bisa mengusir hama tikus. percaya gak percaya,,, percayalah..!!???

Entry filed under: wisata sosial budaya. Tags: , , , , .

MAHALNYA UBI MADU CILEMBU…. AMPE RP 10.000/KG..!!?? BUKA BERSAMA BEBEK GORENG TEPUS MAK NYUS

8 Komentar Add your own

  • 1. Susatyo  |  16 Desember 2009 pukul 8:00 AM

    Critaxa udh lumayan lahhh,,tp kurang detail,,sharusxa ad thun pmbuatan cndixa,,cz fto2xa di prbaxak yowh,,,
    matur suwon

  • 2. gabriella  |  20 Desember 2009 pukul 4:03 AM

    critanya nyontek dri mana tuch koq lengkap???????????????
    ooooooooooppppss! ! ! salah tapi lumayan lengkap.

  • 3. Wahyu Cimon.Ce  |  23 Desember 2009 pukul 7:35 AM

    @susatyo : waduh namanya juga blogger amatiran, ya maklum lok bahasanya kurang menarik..

  • 4. Wahyu Cimon.Ce  |  23 Desember 2009 pukul 7:37 AM

    @ gabriella : bukanya nyontek tapi pengalaman road trip cimon. dari pada baca mending langsung ke TKP aja..
    menarik deh..

  • 5. Evan  |  21 September 2010 pukul 9:59 AM

    Critax udah bagus, tp masi kurang foto n pnjelasanx lebih di perdetail lagi yaw…

  • 6. Wahyu Cimon.Ce  |  24 September 2010 pukul 4:02 PM

    okk..
    lain kali coba cimon edit yaa..
    makasi atas kunjungannyaa…

  • 7. arekayu  |  17 November 2011 pukul 9:29 AM

    mas namanya itu candi bajang ratuya??? bukannya gapura bajang ratu yg konon katanya yg masuk ke atas /dalamnya cita 2xnya gak terkabul karna waktu mau jadi raja ,masih muda jadi belum sempat jadi raja yg menguasai kota majapahit…………gitu…

  • 8. Wahyu Cimon.Ce  |  5 Maret 2012 pukul 3:49 PM

    wah aku kurang tahu arekayu, dsana gak ada keterangan tentang mitos tsb.
    thanks udah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 154,244 hits

logo link

traffic counter


%d blogger menyukai ini: