MAHALNYA UBI MADU CILEMBU…. AMPE RP 10.000/KG..!!??

3 September 2009 at 2:39 PM 9 komentar

ubi cilembu

ini dia makanan pokok pengganti beras yaitu ubi. ubi berasal dari bahasa latin (lupa ><) …. dan biasanya identik dengan makanan wong ndeso (panganan wong katrok)..

melihat ubi emang biasa aja dimata cimon, seperti kebanyakan ubi-ubi lain yang rasanya ya gitu-gitu aja. tapi cimon punya cerita seru nih tentang ubi yang satu ini. UBI MADU CILEMBU namanya..

pas cimon lagi jalan ke jombang, gak sengaja cimon melihat ada warung kecil di Brak'an – Jombang (daerah oleh-oleh perbatasan kertosono, kediri dan jombang). saat itu cimon melihat ada tulisan UBI BAKAR MADU CILEMBU. nah yang jadi penasaran MADUnya itu. apa ubinya dibakar pake madu, ato madu rasa ubi ato ubi rasa madu yaa..???

daripada penazzaran cimon coba deh beli 1 kg aja. dari segi fisik ubi ini bentuknya emang sama kayak ubi ungu, perbedaannya ialah berwarna kulitnya putih dan berdaging kuning. dan yang bikin kaget harganya Rp 10.000/kg (biyung allah) lok yang matang (di oven) harganya RP 15.000/kg. harga gila untuk ukuran sebuah UBI tuh..

waktu beli, cimon disuruh cicipin ubi matangnya nih.. sungguh deh rasanya ubi ini kayak ada campuran madunya (walo gak diolesi madu) teksturnya lembut kayak buah waluh (labu)..

bener deh walo cimon penggemar pisang tapi cimon juga doyan ni ubi, rasanya sungguh beda dengan ubi yang lain (manis legit + lembut)..

nah yang jadi pertanyaan nih… bener gak sih UBI CILEMBU ITU HARGA SEGITU MAHALNYA..

dari hasil pengamatan dan investigasi cimon. ubi cilembu ini masa panennya sekitar 5-7 bulan (lama amat).. apakah ini yang membuat ubi cilembu mahalll..

pas lagi jalan-jalan ke malang cimon mampir ke dewi sri.. dewi sri adalah pasar sayuran dan buah di daerah batu malang. disana ada penjual ubi madu, yang katanya ditanam di malang sini. harganya murah nih RP 3500/kg. tapi pas cimon masak rasanya gak sama kayak ubi madu cilembu yang RP 10.000/kg.

UBI MADU CILEMBU juga tersebar (yang cimon tau) di brak'an jombang, Pandaan-Pasuruan dan balongbendo – sidoharjo juga RP 10.000/KG

nah yang jadi penasaran lagi nih. bagi pembaca yang mungkin berdomisili di jawa barat apakah disana harga UBI MADU CILEMBU JUGA RP 10.000/KG..

kasih komennya soal harga UBI madu CILEMBUNYA

Entry filed under: Wisata kuliner. Tags: , .

MODUS BARU SALES DALAM MENGGAET PELANGGAN DENGAN MODUS PEMBERIAN LOWONGAN KERJA MENGENAL WISATA BUDAYA PENINGGALAN MAJAPAHIT

9 Komentar Add your own

  • 1. mbah sangkil  |  4 September 2009 pukul 2:37 AM

    lha aku malah belum pernah coba padahal dekat ma tempatku. ntar kapan2 kalo aku nyoba kukasih info nya deh

  • 2. Wahyu Cimon.Ce  |  4 September 2009 pukul 1:43 PM

    walaaah mbaahhh,,
    pulang kampung bawa ubi madunya yaaa..

  • 3. hasan  |  20 November 2009 pukul 2:21 PM

    numpang nyampah ya..
    Entah dari mana asalnya, yg jelas ni ubi dah lama terkenalnya di jawa barat, dah kaya tahu sumedang dan peuyem bandung.
    cuma salahnya, meski mendiami jabar dr thn 2rb, ni ubi pertama kali nyentuh lidahku baru 2 bln terakhir.
    Begitu ngeremehin makanan yg lezat ini. hiks..hiks.. baru nyadar, ternyata memang mak nyoos.
    Di sekitar Jatinangor-Sumedang, ni ubi dah jd oleh2 sejak lama.
    Soal harga, kurang tau. Yg lelas, klo beli di warung di bandung, dgn masak pk oven gas yg gede, mrk jual dgn 15rb/kg kg dah mateng. 7.500/kg yg masih mentah.
    Kata teteh yg jualan, asal ubinya asli, masaknya gampang aja. dengan catatan:
    – ujung ubi(2 sisi) kudu di potong dikit.
    – direbus boleh, tp madu ga akan keluar
    – baiknya dibakar dioven yg apinya atas bwh
    – pembakaran bisa sampe 1 jam biar madunya keluar.
    Sayang dirumah ga ada oven begituan, di panggang rasanya lumayan meski ga semantap yg dijualin.
    Tq..

  • 4. hasan  |  20 November 2009 pukul 2:33 PM

    duh maap… klo ga salah, harganya cuma 350/kg hihihi.. tp asli cilembu. konon, klo ditanam di t4 laen, rasanya beda.
    beda tanah beda rasa kali yah?

  • 5. Wahyu Cimon.Ce  |  26 November 2009 pukul 6:10 AM

    waaah makasih infonya pak hasan..
    penikmat ubi madu juga yaa..

  • 6. ghestan  |  1 Februari 2010 pukul 8:46 AM

    emng bne sigh ubi ini mhal bngt gua yg adli orang cilembu ngrasa kaget bngt harganya bsa smpe sgtuh tapi klian msti thu juga dunz gmna pejuangan,y nanam tugh ubi bokap gua jualan ubi
    doi juja bnyak d komplen tapi low emng lo pngn thu bnyk call ajgh gua 087827543128

  • 7. nana fitria  |  2 Januari 2011 pukul 3:08 PM

    Baru aja mau nanam di belakang rumah…
    Katanya beda tempat beda rasa.

  • 8. Wahyu Cimon.Ce  |  5 Januari 2011 pukul 4:28 PM

    @ nana fitria : yup begitu katanya. pernah cimon tanam di daerah jombang tapi gak ada hasil.. pernah lihat liputan di si.bolang katanya kl gak di tanam di tanah cilembu rasanya gak bakalan manis kayak madu…

  • 9. said  |  8 Februari 2012 pukul 5:44 AM

    klo mateng mank sigitu bung, klo mentah malah murah cm 6500 dr sana, pa mo nyoba buka kios hub q az 08562 858 666, butuh berapaun kami siap melayani…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 154,244 hits

logo link

traffic counter


%d blogger menyukai ini: