SISTEM BIROKRASI BARU KANTOR SAMSAT

6 Mei 2009 at 1:38 PM Tinggalkan komentar

Dalam pengurusan STNK di kantor samsat manapun selalu dijejali dengan sistem birokrasi yang terbelit-belit pindah ke meja satu ke meja lainnya, banyak yang tidak sesuai dengan visi dan misi mereka yang lebih mengutamakan kenyamanan pelayanan.

Seperti baru-baru ini cimon ngurus perpanjangan STNK motor matic 1 tahun, kali ini sistem yang dipake berbeda dari sistem yang cimon ngurus pas bulan desember lalu, sekarang ada perubahan birokrasi pengesahan HER 1 tahun atau 5 tahun. Lok yang biasanya cimon cukup beli Map doang trus dikumpulan dikantor loket pengesahan her 1 tahun, eeh sekarang kudu punya no antri dipos satpol PP (waduh).

Step 1, para wajib pajak STNK kudu masuk keantrian loket formulir pengesahan Her STNK 1 tahun. (loket ini saya temukan setelah saya tanya kebeberapa orang). Setelah antri kurang lebih 15menit baru giliran cimon yang diproses. Prosesnya cukup unik, disana dituliskan prosesnya maksimal 2 menit. Dan setelah cimon stopwacth ternyata Cuma berlangsung 34.5 detik.:))

Step 2, para wajib pajak STNK kudu ke ruang informasi untuk didata nama dan dimintai no teleponenya. (proses ini tidak begitu lama tergantung banyaknya wajib pajak yang antri).

Step 3, para wajib pajak STNK masuk ke meja pengesahan Her 1 tahun hanya menyerahkan data BPKB, STNK dan KTP dalam Map merah dan diberikan secarik kertas yang berisikan nama dan Nomor Polisi (nopol), selanjutnya

Step 4, para wajib pajak STNK ke loket pembayaran dan penyerahan. Nah disini mulai terjadi penjubelan umat manusia yang sedang antri penebusan dosa eeh pembayaran STNK deh. Disini cimon diharuskan membayar atas motor matic 2008 senilai Rp172.000,00.

Step 5, para wajib pajak STNK menghadap ke loket pengesahan STNK. Di sesi terakhir ini penjubelan manusia semakin menjadi-menjadi banyak berdesak-desakan, senggol sana-sini, geol ini itu. Dan pada akhirnya cimon berhasil mendapatkan her STNK 1 tahun setelah berjuang dalam penjubelan tadi…

Fakta Yang Terjadi Di Kantor Samsat :
1. Dalam papan pengumuman her STNK 1 tahun selesai dalam waktu 30 menit faktanya cimon selesai 1 jam.
2. Ruangan kantor Samsat berAC tetapi hanya ditempatkan di ruang kerja para Birokrat sehingga tidak berimbas ke wajib pajak hal ini tidak sesuai dengan visi dan misi mereka yang lebih mengutamakan kenyamanan pelayanan.
3. Sistem birokrasi yang baru terlalu ribet sehingga memusingkan para wajib pajak karena kurangnya sosialisasi.
4. Kurang adanya ketertiban atau kontrol dari petugas Samsat untuk mengatur para wajib pajak untuk antri lebih tertib.
5.diharuskan membayar atas motor matic 2008 senilai Rp172.000,00. faktanya keterangan di STNK cuma tertulis Rp 164.400,00

Entry filed under: Public Corner. Tags: .

ES DEGDURKAT DALAM MANGKUK BAKSO MANIS LEGITNYA DUMBLEG NGANJUK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 154,244 hits

logo link

traffic counter


%d blogger menyukai ini: