MANIS LEGITNYA DUMBLEG NGANJUK

6 Mei 2009 at 3:01 PM 22 komentar

Dumbleg adalah jajanan tradisional khas nganjuk jawa timur, tepatnya didaerah kec. Gondang dan sekitarnya. Makanan yang unik ini emang mirip pudak (makanan khas Gresik) tapi yang bikin beda adalah rasa dan tampilannya. Rasa dumbleg ini manis legiit dan bentuknya panjang kayak lontong. Jajanan ini yang terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe.

Saking tradisionalnya Jajanan ini biasa ditemui dikota kecil diPasar Pon Gondang, bahkan di kota nganjuk pun susah di jumpai makanan ini. Bahkan banyak juga yang cimon ketahui orang-orang nganjuk tidak begitu banyak mengenal makanan lezzat ini. (hhmmm). Hal ini karena kurang populer dan promosi jajanan khas nganjuk yang unk ini. Bahkan dumbleg kalah populer dengan Tahu Taqwa dari Kediri, Brem dari Madiun dan Ledre dari Bojonegoro. Hanya Nganjuk dan Jombang (Gupal) yang kurang promosiin jajanan khasnya yang unik ini.

Dalam rangka hari jadi Kota Nganjuk yang ke 1072 yang mencanangkan bulan april dan mei 2009 sebagai bulan promosi potensi Nganjuk. So seharusnya ini bisa dijadiin icon kuliner khas Nganjuk loh, jadi gak kalah ma Kediri, Madiun dan Bojonegoro yang merupakan tetangga Nganjuk yang udah populer dengan jajanan khasnya.So Say I Love Dumbleg.

dsc02189

Entry filed under: Wisata kuliner. Tags: .

SISTEM BIROKRASI BARU KANTOR SAMSAT PERATURAN DIBUAT UNTUK DILANGGAR

22 Komentar Add your own

  • 1. alid abdul  |  13 Mei 2009 pukul 2:21 PM

    dubleg??? gag krungu??
    hehehe… gw si gag gitu suka makanan manis meski gw orangnya muanis pooolll *kumat narsisnya*

  • 2. ekonarotama  |  28 Mei 2009 pukul 1:06 PM

    saya adalah warga asli Gondang Nganjuk,tepatnya Desa Senggowar,saya juga penggemar lama makanan Dumbleg apalagi yang berwarna merah tapi sayang sekali,sekarang jarang sekali bisa ditemukan dumbleg yang berkwalitas seperti waktu aku kecil dulu.Sekarang penjual dumbleg banyak yang mengabaikan kwalitas,rasanya tidak seperti yang dulu.sekarang aku tinggal du luar Nganjuk,ketika aku pulang ke desa aku kepengen sekali makan dumbleg,tapi ternyata dumbleg yang dijual rasanya tidak seperti yang dulu dan ini bukan yang pertama kali aku kecewa.semoga makanan dumbleg tetap bisa exist dengan tetap menjaga kwalitas bukan memburu untung semata.

  • 3. Wahyu Cimon.Ce  |  1 Juni 2009 pukul 1:32 PM

    waaahh,,,
    eko pejuang dumbleg yaaa..
    makanya sebagai warga gondang
    kudu promosiin dong dumbleg gondang nganjuk diluar kota sana
    PR tuhh..

    dumbleg ada lagunya tuhh..
    begini bunyinya..

    dumbleg’e dumbleg’e dumbleg’e gondang
    legine legine legine dumbleg gondang..
    begitulahh…!!!

  • 4. ekonarotama  |  13 Juni 2009 pukul 4:50 AM

    mas wahyu cimon,pean nganjuk mana ?

  • 5. Wahyu Cimon.Ce  |  15 Juni 2009 pukul 1:21 PM

    wah ank ngk juga yaa..
    cimon mah pindah2
    kadang dirumah kadang di pohon,,
    hheee..

  • 6. fanny  |  25 Juni 2009 pukul 2:04 AM

    waaaaahhhhhhhhhh,,,,enaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkk

    banget loh makanan khas nganjuk ini loh,,,,

  • 7. pipit  |  18 Juli 2009 pukul 7:35 AM

    enagggg mak nyussss

  • 8. sofi ken  |  21 Agustus 2009 pukul 8:27 AM

    dumbleg uenak puol

  • 9. nia  |  23 Agustus 2009 pukul 6:57 AM

    waah.. mak nyusss tuh dumblegnyaaaa.
    emang legit
    dumbleg gondang
    bikin lidah bergoyanggg

  • 10. karyono  |  28 Oktober 2009 pukul 5:43 AM

    Bener sampeyan mas Eka, Dumbleg sakniki kurang menjaga mutu, jika dibandingkan dumbleg jaman biyen sewaktu kita masih kecil. Seingat akudumbege Mak Tu/ mbok Mirah sing uwenak iku. soale santen klopone bener-bener kanil tur akeh. heheheh Podo wae Aku yo asli Gondang solae, biyen omahku sebelah etane pasar Pon dadi yo gawene blusak-blusuk ning pasar .

  • 11. Wahyu Cimon.Ce  |  30 Oktober 2009 pukul 12:06 PM

    emang dah berubah to rasanya..
    tapi pernah coba masih manis-manis aja tuh

  • 12. hanif kamalodin  |  26 Januari 2010 pukul 6:53 AM

    coba kirim resepnya dubleg ( budeg )

  • 13. Wahyu Cimon.Ce  |  3 Februari 2010 pukul 10:58 AM

    @hanif kamalodin : dumbleg kang yang betul…

  • 14. yudha  |  26 Juni 2010 pukul 4:24 PM

    Alhamdulillah nganjuk mulai berkembang semoga terus n terus jangan malu jdi warga nganjuk hehe… czq juga nganjuk monggo berkunjung dateng http://unyil-usrok.blogspot.com

  • 15. Wahyu Cimon.Ce  |  22 Juli 2010 pukul 11:56 AM

    @ yudha : mudah2an kang. kita buktikan saja..

  • 16. rere  |  11 September 2010 pukul 11:42 PM

    Dumblek ki apa mas..

  • 17. Wahyu Cimon.Ce  |  24 September 2010 pukul 4:00 PM

    dumbleg tuh jajanan khas dari kota angin “nganjuk”.
    cobain dehh..

  • 18. biru laut  |  26 September 2010 pukul 11:14 PM

    kayak nya aku pernah makan,tp mungkin lupa,mklm udah lama ngak pulkam ke jw.

  • 19. paidjodhongok  |  4 September 2011 pukul 10:51 PM

    mboisssss dumbleg_mu…..

  • 20. Gisella ayu  |  7 Maret 2012 pukul 9:44 AM

    Wach kyakx uenaak tu..tp syang bnget q loem prnah nyobain.tp q minta resep pembuatan dumblek dong. . .coalx q d’ksih tgasni cm gru ku tntang pmbuatan dumbleg and cri tau tentang dumbleg.q ckolah di SMPN 2 KTS. Tlong dong ksih tau resepx.by:gisella

  • 21. Gisella  |  7 Maret 2012 pukul 9:51 AM

    Ech tp q csih rsepx z???plich..,,;-(;-(;-)..q t3 blzx z.,,ok….?

  • 22. Wahyu Cimon.Ce  |  18 Maret 2012 pukul 2:32 PM

    waduh gisel.. cimon juga gak tau tuh.. coba cari di google aja, atau langsung daang ke pasar gondang. dari KTS ke utara lewat lengkong > ngujung trus nyampe gondang tuh.
    okeehh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mukadimah

yang empunya blog

isi Polling Duyu

monggo kerso YMan

coretan fresh from the oven

Arsip

anda pengunjung ke

  • 154,244 hits

logo link

traffic counter


%d blogger menyukai ini: